ALIRAN HUBUNGAN MANUSIAWI

ALIRAN HUBUNGAN MANUSIAWI

Table of Contents

ALIRAN HUBUNGAN MANUSIAWI

ALIRAN HUBUNGAN MANUSIAWI
ALIRAN HUBUNGAN MANUSIAWI
Aliran hubungan manusiawi (perilaku manusia atau neoklasik) muncul karena ketidakpuasaan bahwa yang dikemukaan pendekatan klasik tidak sepenuhnya menghasilkan efisiensi produksi dan keharmonisan kerja. Para manajer masih menghadapi kesulitan-kesulitan dan frustasi karena karyawan tidak selalu mengikuti pola-pola perilaku rasional. Sehingga pembahasan “sisi perilaku manusia” dalam organisasi menjadi penting. Beberapa ahli mencoba melengkapi teori organisasi klasik dengan pandangan sosiologi dan psikologi.
Hugo Munsterberg (1863-1916). Sering disebut sebagai “bapak psikologi industri”. Dia banyak menguraikan penerapan peralatan-peralatan psikologi untuk membantu pencapaian tujuan produktifitas dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu 1) penemuan best possible person, 2) penciptaan best possible work, dan 3) penggunaan best possible effect untuk memotivasi karyawan.
Elton Mayo (1880-1949) dan percobaan-percobaan Hawthorne. “Hubungan manusiawi” sering digunakan sebagai istilah umum untuk menggambarkan cara dimana manajer berinteraksi dengan bawahannya. Bila “manajemen personalia” mendorong lebih banyak dan lebih baik dalam kerja, hubungan manusiawi dalam organisasi adalah “baik”. Bila moral dan efisiensi memburuk hubungan manusiawi dalam orgaisasi adalah “buruk”. Untuk menciptakan hubungan manusiawi yang baik, manajer harus mengerti mengapa karyawn bertindak seperti yang mereka lakukan dan factor-faktor social dan psikologi apa yang mmotivasi mereka.