Candi Kamboja Ini Punya 200 Relief yang Tersenyum

Candi Kamboja Ini Punya 200 Relief yang Tersenyum

Candi Kamboja Ini Punya 200 Relief yang Tersenyum

Candi Kamboja Ini Punya 200 Relief yang Tersenyum

Seperti di Indonesia

Kamboja punya banyak candi dengan aneka relief. Salah satu yang populer adalah Candi Bayon dengan 200 reliefnya yang tersenyum.

Dari depan, candi ini sepertinya biasa saja seperti candi lainnya di kompleks Angkor. Tapi begitu masuk ke dalam, kita merasa seperti di awasi.

Tidak heran, karena memang bentuk Candi Bayon ini terdiri dari banyak menara, dan di setiap menara terpahat bentuk wajah yang tersenyum.

Ada dua pendapat tentang bentuk wajah yang tersenyum ini

Sebagian menganggap itu adalah wajah Lokesvara atau wajah dari Bodhisatva atau Budha sendiri.

Sebagian lagi menganggap itu adalah wajah dari Raja Jayavarman VII. Karena memang candi ini dulunya adalah candi yang berada di pusat pemerintahan Raja Jayavarman VII.

Total relief wajah besar tersenyum di Candi Bayon ini kurang lebih 200 wajah. Jadi setiap pengunjung mengangkat kepala menghadap melihat ke atas, akan melihat wajah yang tersenyum.

Awalnya candi ini dinamakan Jayagiri atau Gunung Kemenangan

Namun, ketika pendudukan Prancis mereka menamakan Candi Banyan yang mengacu kepada kebiasaan Buddha yang selalu duduk di bawah pohon Banyan.

Ketika penduduk Khmer mengerjakan renovasi bangunan candi ini, mereka menyebutnya dengan Bayon, sehingga sampai sekarang dinamakan Candi Bayon.


Baca Artikel Lainnya: