Fungsi Google Earth Dan Manfaatnya

 Fungsi Google Earth Dan Manfaatnya

Apa itu Google Earth?

Google Earth dengan Batas Plate, Volcanoes

Google Earth dengan lapisan gunung berapi terlihat dan data batas lempeng tektonik dari USGS displayedGoogle Bumi adalah geobrowser yang mengakses citra satelit dan udara, laut batimetri, dan data geografis lainnya melalui internet untuk mewakili Bumi sebagai dunia tiga dimensi. Geobrowsers yang alternatif dikenal sebagai bola virtual atau browser Bumi. Google juga mengacu pada Google Earth sebagai “Browser geografis.”

Contoh lain dari geobrowsers adalah NASA Angin Dunia, ESRI ArcGIS Explorer, GeoFusions yang GeoPlayer, dan EarthBrowser oleh Lunar Software. Google Earth tersedia di web secara gratis juga untuk pembelian dalam versi yang lebih maju. Sedangkan versi gratis menawarkan berbagai fitur yang berguna dalam pengaturan pendidikan, versi Pro menawarkan kemampuan tambahan seperti pencetakan resolusi yang lebih tinggi dan penghematan gambar dan kemampuan untuk membuka ESRI shapefile. Versi gratis dari Google Earth serta Pro tersedia melalui Jelajahi, Search, dan halaman pilihan Google.

Tiga Versi Google Earth

Ditujukan untuk rumah dan penggunaan pribadi, produk ini memiliki banyak fitur, termasuk menampilkan citra satelit dan udara, satu set tumbuh lapisan data mappable, kemampuan untuk menampilkan data pihak ketiga, alat untuk membuat data baru, dan kemampuan untuk mengimpor Data GPS. Sekolah dapat menggunakan versi gratis dari Google Earth, dan Google telah menciptakan sebuah situs Geo Pendidikan untuk memberikan informasi yang berguna tentang cara menggunakan Google Earth, Maps, Sky, dan SketchUp di K-12 kelas. Lembaga pendidikan tinggi juga dapat menginstal versi gratis untuk penggunaan non-komersial.

Pro – Versi ini, yang dikembangkan untuk penggunaan komersial, menambahkan pembuatan film, serta mengimpor shapefile ESRI dan file tab MapInfo, dapat mengukur bidang lingkaran dan poligon, dan dapat mencetak dan menyimpan gambar resolusi tinggi.

Perusahaan – Produk ini membuat citra dan data geospasial lainnya tersedia bagi karyawan dalam organisasi seperti perusahaan.

Masing-masing versi ini Google Earth dapat digunakan untuk membaca dan membuat data di KML (Keyhole Markup Language) format, yang memungkinkan pendidik, siswa, dan pengguna lain untuk berbagi data. Untuk perbandingan produk ini, lihat Manakah versi Google Earth yang tepat bagi Anda ?. Namun, grafik adalah sedikit keluar dari tanggal karena tidak menyebutkan bahwa versi gratis juga dapat membuka file GPS, yang merupakan fitur yang sangat berguna untuk pendidikan.

Google Earth menyediakan kemampuan pencarian dan kemampuan untuk pan, zoom, memutar, dan memiringkan pandangan Bumi. Hal ini juga menawarkan alat untuk membuat data baru dan satu set tumbuh lapisan data, seperti gunung berapi dan daerah, yang berada di server Google, dan dapat ditampilkan dalam tampilan.

Hal ini juga menggunakan data elevasi terutama dari NASA Shuttle Radar Topografi Mission (SRTM) untuk menawarkan lapisan medan, yang dapat memvisualisasikan lanskap dalam 3D. Untuk beberapa lokasi, seperti sebagian besar bagian barat Amerika Serikat, data terrain disediakan pada resolusi lebih tinggi secara signifikan.

Google Earth tidak Sistem Informasi Geografis (GIS) dengan kemampuan analitis yang luas dari ArcGIS atau MapInfo, tetapi jauh lebih mudah digunakan daripada paket perangkat lunak ini.

  • Ini tersedia untuk beberapa sistem operasi, yaitu:
  • Microsoft Windows 2000
  • Microsoft Windows XP
  • Microsoft Windows Vista
  • Mac OS X versi 10.3.9 atau lebih tinggi
  • Linux
  • Gratis BSD

Google Maps dan Google Earth API adalah produk yang mencakup beberapa fitur dari Google Earth, dan dapat digunakan untuk menanamkan peta interaktif ke dalam halaman web. Situs Google Maps awalnya diciptakan sebagai layanan untuk menyediakan petunjuk arah mengemudi. Tapi penggemar penasaran memeriksa kode JavaScript yang mendukung layanan, dan cepat belajar untuk membuat sendiri disesuaikan Google Maps.

Selanjutnya, Google membuat rincian dari Google Maps API umum untuk semua digunakan untuk membuat antarmuka pengguna disesuaikan. Sebaliknya, API Google Earth tegas diciptakan untuk memungkinkan masyarakat untuk menciptakan disesuaikan tiga-dimensi antarmuka peta di halaman web yang memiliki tampilan dan nuansa dari Google Earth. Baik Google Maps dan Google Earth API menawarkan citra yang sama yang tersedia melalui Google Earth, bersama dengan kemampuan untuk menambahkan fitur, seperti tombol disesuaikan, bentuk, dan panel yang dapat bekerja dengan dan menampilkan data.

Untuk membuat aplikasi ini khusus, pengembang menggunakan AJAX, yang menggabungkan menulis kode dalam JavaScript dengan mengakses data yang disimpan dalam format XML. Bahkan, KML sebenarnya adalah bentuk XML. Google Maps dapat digunakan di semua web browser utama dan platform, bagaimanapun, Google Earth API saat ini tersedia untuk Windows dan Macintosh, tetapi tidak Linux. Hal ini terbatas pada subset dari browser, dan mengharuskan pengguna untuk men-download plugin. Teknologi pemetaan lain yang tersedia melalui Google adalah Google Mapplet API. Mapplet adalah aplikasi kecil yang berjalan di dalam Google Maps bukannya host di situs web pihak ketiga.

Coding di JavaScript tidak diperlukan dalam rangka menciptakan sederhana Google Maps. Menyiapkan sederhana disesuaikan Google Maps dan posting mereka di web memerlukan login ke account Google gratis dan mengaktifkan tab My Maps. Satu set alat memungkinkan penciptaan titik, garis dan poligon pada peta. Peta itu diberikan sebuah url yang dapat digunakan untuk berbagi mahasiswa atau orang lain. Kode HTML juga ditampilkan yang dapat digunakan untuk menanamkan peta ke dalam halaman web. Sebuah web browser sudah cukup untuk melihat peta yang dibuat dengan cara ini.

Sebuah file KML yang telah disimpan di server web dapat dibuka di Google Maps dengan memasukkan url di kotak pencarian Google Maps. Sementara mudah untuk membuat dan berbagi, ini sederhana Google Maps yang tidak kaya fitur seperti Google Earth.

Bahkan ada versi Google Earth untuk iPhone. Produk ini dapat menampilkan citra yang sama yang tersedia pada versi dekstop, melakukan pencarian, dan link ke Wikipedia artikel tentang tempat-tempat menarik, tetapi tidak memiliki semua fitur dari versi desktop Google Earth.