Fungsi Kantung Empedu Dan Bagiannya

Fungsi Kantung Empedu

Fungsi Kantung Empedu Dan Bagiannya

Fungsi Kantung Empedu

Bagaian-Bagian Kantung Empedu

  • Bagian-bagian dari kandung empedu, terdiri atas:
  1. Fundus vesikafelea, merupakan bagian kandung empedu yang paling akhir setelah korpus vesikafelea.
  2. Korpus vesikafelea, bagian dari kandung empedu yang didalamnya berisi getah empedu. Getah empedu adalah suatu cairan yang disekeresi oleh sel hati sebanyak 500-1000 cc setiap harinya, sekresinya berjalan terus menerus, jumlah produksi cairan empedu dapat meningkat pada saat mencerna lemak.
  3. Leher kandung empedu. Merupakan saluran pertama tempat masuknya getah empedu ke badan kandung empedu lalu berkumpul dan dipekatkan dalam kandung empedu.
  4. Duktus sistikus. Panjangnya kurang lebih 3 ¾ cm. berjalan dari leher kandung empedu dan bersambung dengan duktus hepatikus membentuk saluran empedu ke duodenum.
  5. Duktus hepatikus, saluran yang keluar dari leher.
  6. Duktus koledokus saluran yang membawa empedu ke duodenum.

Kandung Empedu

Kandung Empedu terdiri atas tiga pembungkus:

  • Di sebelah dalam Pembungkus serosa peritoneal
  • Disebelah sebelah tengah Jaringan berotot tak bergaris
  • Di sebelah dalam Membran mukosa, yang bersambung dengan lapisan saluran empedu. Membran mukosa membuat sel epitel silinder yang mengeluarkan sekret musin dan cepat mengabsorpsi air dan elektrolit, tetapi tidak garam empedu atau pigmen, maka karena itu empedunya menjadi pekat

Fungsi kandung empedu, yaitu:

  1. Tempat menyimpan cairan empedu dan memekatkan cairan empedu yang ada di dalamnya dengan cara mengabsorpsi air dan elektrolit. Cairan empedu ini adalah cairan elektrolit yang dihasilkan oleh sel hati.
  2. Garam empedu menyebabkan meningkatnya kelarutan kolesterol, lemak dan vitamin yang larut dalam lemak, sehingga membantu penyerapannya dari usus. Hemoglobin yang berasal dari penghancuran sel darah merah diubah menjadi bilirubin(pigmen utama dalam empedu) dan dibuang ke dalam empedu.

 

Sumber : https://pelajaranips.co.id/