Lulusan SMK Harus Memiliki jiwa Wirausaha

Lulusan SMK Harus Memiliki jiwa Wirausaha

Lulusan SMK Harus Memiliki jiwa Wirausaha

Penyelenggaraan pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus membekali peserta didik

dengan kemampuan generic yang harus dimiliki oleh setiap lulusan yaitu kecakapan softskill.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr H Kamsol saat membuka kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi Riau, Senin kemarin. “Lulusan SMK agar memiliki karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif dan berjiwa wirausaha,” ujar Kadisdik Riau.

Karena itu, Kamsol berpesan kepada peserta didik di SMK untuk bisa betul-betul mengusai jurusan yang dipilih

. “Kuncinya selain pada guru, yang tak kalah pentingnya anak didik sendiri,” pesanya dihadapan peserta LKS.

Sementara, Ketua Pelaksana Pahmijan mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan pada 9 sekolah, yakni lomba yaitu SMK Negeri 1 Pekanbaru (3 bidang lomba), SMK Negeri 2 Pekanbaru (6 bidang lomba), SMK Negeri 3 Pekanbaru (3 bidang lomba), SMK Negeri 4 Pekanbaru (1 bidang lomba), SMK Negeri 5 Pekanbaru (4 bidang lomba), SMK Negeri 6 Pekanbaru (2 bidang lomba), SMK Negeri 7 Pekanbaru (2 bidang lomba), SMK Negeri Pertanian Provinsi Riau (5 bidang lomba), SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru (1 bidang lomba).

Melalui kegiatan tersebut, peserta dituntut untuk piawai mengejarkan karya sesuai dengan keahlianya

. Dari ajang ini, akan dihasilkan para juara LKS SMK se Provinsi Riau yang akan mewakili Riau dalam ajang LKS SMK tingkat Nasional di Solo, Jawa Tengah.

“Saya berharap bahwa dengan adanya Lomba Kompetensi Siswa SMK di tingkat Provisni ini dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Riau, khususnya, Indonesia pada umumnya, sehingga suatu waktu lulusan kita nanti dapat sejajar dengan Negara-negara maju dan berkembang lainya,” harap Kasi Pembelajaran dan Peserta Didik SMK, Disdik Riau ini.

Kegiatan LKS SMK tahun ini mengambil tema “Dengan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Riau Kita Raih Masa Depan Lulusan SMK Yang Kompeten dan Siap Bekerja Secara Profesional”. Materi lomba mengacu pada standard industry dan kisi-kisi LKS SMK tingkat Nasional. Kegiatan LKS dikoordinir oleh Tim Teknis pada setiap sekolah serta aka nada 3 orang Juri yang berasal dari Dunia Usaha dan Dunia Industri.

 

Sumber :

https://www.tripadvisor.com/Profile/ojelmandiri