Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi

101 Fungsi, Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli Beserta Metodenya- Psikologi adalah ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari perilaku manusia dan ilmu pengetahuan fungsi mental. Praktisi di bidang psikologi disebut psikolog. Psikolog mencoba untuk mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu dan kelompok, serta belajar tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku.

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Dakir (1993)

Psikologi membahas perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan.

Muhibbin Syah (2001)

Psikologi adalah ilmu tentang perilaku terbuka dan tertutup pada manusia baik sebagai perorangan maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.

Dr. Singgih Dirgagunasa

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia.

Plato dan Aritoteles

Psikologi adalah ilmu tentang sifat jiwa serta proses sampai akhir.

Jhon Broadus Watson

Psikologi adalah ilmu tentang perilaku lahiriah menggunakan pengamatan tujuan stimulus.

Wilhem Wundt

Psikologi adalah ilmu tentang pengalaman manusia muncul dalam, seperti perasaan sensorik, pikiran, perasaan, dan kemauan.

Woodworth dan Marquis

Psikologi adalah ilmu tentang kegiatan individu sejak ia masih dalam kandungan sampai mati sehubungan dengan alam sekitarnya.

Metode psikologi

Beberapa metodologi dalam psikologi, di antaranya sebagai berikut :

Metodologi Eksperimental

Cara ini dilakukan biasanya di dalam laboratorium dengan melakukan berbagai eksperimen. Para peneliti memiliki kontrol penuh atas jalannya percobaan. Yang menentukan apa yang akan melakukan sesuatu yang akan diperiksa ketika melakukan penelitian, seberapa sering melakukan penelitian, dan sebagainya. Dalam metode eksperimen, sifat subjektivitas dari metode introspeksi akan dapat diatasi.

Observasi Ilmiah

Pada pengamatan ilmiah, kasus di situasi yang menyebabkan tidak sengaja. Tapi proses ilmiah dan secara spontan. Pengamatan dapat secara alami diterapkan juga pada perilaku orang lain, seperti: perilaku orang-orang yang berada di department store, perilaku pengendara di jalan raya, perilaku anak-anak bermain, perilaku orang dalam bencana alam.

Sejarah Kehidupan (metode biografi)

Sejarah kehidupan seseorang dapat menjadi sumber penting data untuk lebih mengetahui “jiwa” dari orang yang bersangkutan, misalnya dari cerita ibunya, seorang anak yang tidak memenuhi syarat untuk dicatat bahwa tidak kurang cerdas tapi nya bunga sejak kecil berada di musik sehingga dia tidak cukup serius untuk mendaftar di sekolah.

Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab pemeriksa dan terperiksa. Sehingga orang diperiksa dapat menemukan dirinya dalam hatinya, pandangannya, pendapatnya dan lain-lain sehingga diwawancarai dapat menggali semua informasi dibutuhkan.Baik kuesioner atau wawancara keduanya memiliki kesamaan, namun berbeda dalam cara mereka disajikan.

Fungsi Psikologi Sebagai Ilmu

Psikologi memiliki tiga fungsi sebagai ilmu yaitu:

Menjelaskan, yaitu yang mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa perilaku tersebut terjadi. Hasil penjelasan dalam bentuk deskripsi atau diskusi yang bersifat deskriptif Memprediksikan, yaitu mampu meramalkan atau memprediksi apa, bagaimana, dan mengapa perilaku tersebut terjadi. Hasil prediksi berupa prognosis, prediksi atau estimasi Pengendalian, Yaitu yang mengontrol perilaku seperti yang diharapkan. Manifestasi dalam bentuk langkah-langkah pencegahan, intervensi atau pengobatan dan rehabilitasi atau perawatan.


Sumber : https://pensil.co.id/