Protes dengan Hasil Penerimaan Siswa Baru, MTsN 1 Bukittinggi Ini Digembok Warga

Protes dengan Hasil Penerimaan Siswa Baru, MTsN 1 Bukittinggi Ini Digembok Warga

Protes dengan Hasil Penerimaan Siswa Baru, MTsN 1 Bukittinggi Ini Digembok Warga

Tanpa diduga, Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Gulai Bancah, Bukittinggi digembok warga

, Senin 20 Juni 2016. Di atas gembok itu terpajang kertas karton biru bertuliskan ‘dilarang membuka gembok tanpa musyawarah dengan tokoh masyarakat Gulai Bancah’.

Aksi penggembokan sekolah ini sangat disesalkan pihak sekolah, karena pada hari yang bersamaan, atau pada hari ini di MTsn 1 Bukittinggi juga dilakukan Syahadah Tahfizh Siswa Madrasah (MI, MTs dan MA), serta Pengukuhan Tim Pembina Tahfizh Kota Bukittinggi yang mengundang pemerintah Kota Bukittinggi.

Tak pelak, pihak sekolah, serta pengunjung dan siswa yang mau mendaftar ulang ke sekolah tersebut terpaksa menumpang masuk melalui lingkungan sekolah MAN 1 Model Bukittinggi, yang persis berada di belakang sekolah tersebut.

Terkait penggembokan tersebut, Kepala Kemenag Kota Bukittinggi M. Nur mengatakan

, dia memang mendapat kabar dari pihak sekolah tentang penggembokan MTsN 1 Bukittinggi yang dilakukan oleh masyarakat tadi malam.

“Bahkan katanya, juga ada yang mengatasnamakan dari tokoh masyarakat, yang merasa tidak puas dengan hasil penerimaan siswa baru. Penerimaan itu sebenarnya telah diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam, yang mana ada dua inti di dalamnya, yakni waktu tidak sama dengan dinas, dan yang kedua andaikata jumlah siswa melebihi kapasitas, dilakukan tes. Jadi tidak ada istilah pesanan dan titipan,” ungkap M.Nur.

Dikatakan juga oleh M.Nur, sebenarnya pihak sekolah juga paham dan maklum, karena MTsN 1 Bukittinggi

berada di Tanah Ulayat Gulai Bancah semenjak dulu. Pihak sekolah juga telah menerima dan memberikan fasilitas tersebut pada anak-anak Gulai Bancah.

“Namun, ternyata yang masuk itu, mohon maaf, ada anak warga yang bukan ber-KK (Kepala Keluarga) Gulai Bancah. Nah, kali ini, berapa banyak anak Gulai Bancah yang harus masuk di MTsN 1 Bukittinggi sesuai permintaan warga, itu nanti bisa minta datanya ke pihak sekolah. Kronologisnya silahkan juga tanyakan ke pihak sekolah,” pungkasnya

 

Baca Juga :