Teknologi Sederhana Tepat Guna untuk Mengecas Mobil

Teknologi Sederhana Tepat Guna untuk Mengecas Mobil

Teknologi Sederhana Tepat Guna untuk Mengecas Mobil

PEMBANGKIT Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacenge,

Sumba Barat Dayam, NTT merupakan PLTS terbesar yang ada di Indonesia. Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi BPPT Dr Mohammad Mustafa Sarinanto mengatakan, PLTS itu dibangun pada 2011 dan resmi beroperasi setahun setelahnya.

Keistimewaan PLTS ini adalah sistem manajemen energi

yang dirancang oleh Kyudenko Corporation, yang memungkinkan PLTS memasok energi listrik yang stabil kepada jaringan PLN. ”Pada PLTS konvensional, listrik yang dihasilkan dari sel surya langsung dikirim ke jaringan. Padahal, listrik ini sangat fluktuatif karena tergantung penyinaran sel surya. Ada awan sedikit, listrik yang diproduksi turun. Dengan sistem manajemen energi ini, listrik dari sel surya disimpan dulu ke dalam baterai, baru kemudian dikirim ke jaringan PLN sehingga stabil,” papar Mustafa.

Sistem manajemen ini cukup mengejukan Dirjen ILMATE Kemenperin

Harjanto. Dia mengatakan teknologi yang digunakan oleh Kyudenko sangat sederhana yakni menggunakan baterai asam timbal atau lead acid. “Ini terobosan juga karena menggunakan baterai lead acid. Relatif murah tapi energy density memang tidak setara dengan baterai lithium,” ucap Harjanto.

 

sumber :

https://solidaritymagazine.org/tech-deck-skateboarding-apk/