Tiga Mahasiswa IPB Sabet Juara Di Debat Ekonomi Nasional Ungguli UI, Tumbang Di Tangan Unair

Tiga Mahasiswa IPB Sabet Juara Di Debat Ekonomi Nasional Ungguli UI, Tumbang Di Tangan Unair

Tiga Mahasiswa IPB Sabet Juara Di Debat Ekonomi Nasional Ungguli UI, Tumbang Di Tangan Unair

Prestasi membanggakan diraih tiga mahasiswa IPB yang terga­bung dalam Tim Agricriticle

dalam ajang Lomba Debat Hipotex R 2018. Ketiganya yakni Habibul Fuadi Hanif, Ilhamda El Zuhri serta Futiha Hikmatul Husna. Mereka berhasil meraih juara dalam ajang tahunan yang cukup bergengsi dan sangat diminati mahasiswa di Indonesia.

Kompetisi ini sendiri merupakan even yang dige­lar Himpunan Profesi De­partemen Ilmu Ekonomi (Hipotesa) IPB September lalu. Setelah melalui berba­gai tahapan seleksi dan kom­petisi, delegasi IPB akhirnya meraih juara tiga dalam perlombaan ini.

Ketiga delegasi IPB tersebut memang bukan dari bidang ekonomi, sehingga perlu persiapan belajar materi-

materi terkait ekonomi nasional, global dan ekonomi pembangunan. Untuk meraih juara dalam kompeti­si debat ini, ketiganya harus bersaing dengan tim-tim dari perguruan ting­gi lainnya di Indonesia.

Kompetisi debat ini cukup ketat. Sebelum lolos memasuki tahap debat, pendaftar diwajibkan

memberikan solusi kritis terhadap studi kasus dan permasalahan ekonomi. Selanjutnya dipilih delapan besar tim yang berhak mengikuti lomba debat. Dimulai dari babak penyisihan hingga ke se­mifinal, mereka dihadapkan pada tim-tim yang lolos delapan besar. Kebanyakan peserta lomba debat ini merupakan mahasiswa jurusan bis­nis ataupun marketing.

“Kami sangat antusias dalam mengik­uti kompetisi ini. Sebelum ke tahap debat, setiap tim pendaftar diharus­kan menyelesaikan soal terkait isu ekonomi, ekonomi pembangunan hingga ekonomi global yaitu ekspor dan impor. Senang sekali ketika tim kami lolos ke delapan besar dan Al­hamdulillah bisa meraih juara,” kata Habibul.

 

Sumber :

https://voi.co.id/